6 Cara Registrasi Kartu Telkomsel

TrevorPowell.com – Masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara registrasi kartu telkomsel, baik mereka pelanggan lama atau pelanggan baru. Pelanggan lama terkadang bukan tidak tahu, tetapi melainkan lupa bagaimana caranya. Kalau pelanggan baru sudah pasti tidak tahu cara registrasinya.

Berdasarkan peraturan pemerintah, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) No. 12/2016 yang telah di amandemen ke Peraturan Menteri (Kominfo) Nomor 14 Tahun 2017, registrasi ulang kartu SIM wajib dilakukan menggunakan NIK yang terdapat di KTP, dan nomor KK yang wajib didaftarkan sebelum 28 Februari 2018. Maka dari itu, setiap pelanggan baru kartu Telkomsel wajib mendaftarkan kartu Telkomsel yang dimilikinya.

Adapun fungsi dari registrasi kartu ini dikarenakan jika tidak melakukan registrasi, maka kartu tidak akan dapat digunakan seperti biasanya. Sayang kan, sudah beli nomor cantik dan bagus tetapi akhirnya kartunya tidak bisa digunakan. So, daftarkan kartu merupakan jalan satu – satunya yang memang harus kamu lakukan.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel
Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Nah, berikut akan kami bahas beberapa cara daftar kartu telkomsel yang bisa kalian gunakan untuk mendaftarkan kartu telkomsel yang kalian miliki.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Bagi Pelaggan Lama

Bagi kalian pelanggan lama yang belum mendaftarkan kartu Telkomsel yang kalian miliki, kalian bisa mengikuti langkah berikut. Silahkan melakukan SMS ke nomor 4444 dengan format ULANG<spasi>NIK#NOMOR KK#.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Bagi Pelanggan Baru

Untuk kalian yang baru menggunakan kartu dari Telkomsel, kalian bisa mendaftarkan kartunya dengan menggunakan formasi berikut. Silahkan melakukan SMS kirim ke nomor 4444 dengan format REG<spasi>NIK#NOMOR KK#.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Jika kalian menggunakan smartphone Android ataupun iOS, kalian bisa download aplikasi MyTelkomsel untuk melalukan registrasi. Setelah download, silahkan masuk ke menu “Akun Saya” dan cari bagian “Registrasi Prabayar”. Silahkan melakukan registrasi dari menu tersebut.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui Website

Bagi kalian yang ingin mencoba cara daftar lain, kalian bisa melakukan registrasi melalui Website dengan mengisi lengkap data yang diminta. Untuk melakukan pendaftaran kartu, kalian bisa pergi ke tautan berikut https://www.telkomsel.com/daftar-ulang-prepaid. Silahkan isi data lengkap seperti nomor handphone, nomor KTP (NIK), dan nomor KK, dan password.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui GraPARI Virtual

Selain beberapa cara diatas, Telkomsel juga memberikan layanan untuk mendaftarkan kartu Telkomsel melalui GraPARI Virtual. Silahakn melalukan pendaftaran melalui GraPARI Virtual Telkomsel melalui aplikasi pesan instan, yakni Line di akun @Telkomsel, Telegram di akun @Telkomsel_official_bot dan Facebook Messenger di akun @Telkomsel.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui GraPARI

Dan jika kalian merasa beberapa cara diatas terlalu ribet, kalian bisa mengunjungi GraPARI terdekat di kota Anda dan langsung pergi ke bagian Costumer Service dan sampaikan apa maksud Anda. Maksdnya ya untuk melakukan registrasi kartu telkomsel yang kamu miliki.

Cara Cek Kartu Telkomsel Yang Sudah Teregistrasi

Setelah registrasi berlangsung, maka kamu akan diminta untuk menunggu dalam waktu 1×24 jam untuk proses regitrasi. Jika terhasil terdaftar, maka kamu akan mendapatkan SMS notifikasi bahwa pendaftaran berhasil dilakukan. Nah, jika dalam waktu 1×24 jam kamu tidak mendapatkan SMS notifikasi kamu bisa cek apakah kartu kamu berhasil teregistrasi. Caranya pun cukup mudah, kamu cukup pergi ke tautan https://telkomsel.com/cek-prepaid. Silahkan isi datang yang diminta seperti nomor handphone, nomor NIK, nomor KK, dan masukkan password yang kamu buat saat pendaftaran.

Untuk informasi, berdasarkan pengalaman penulis. Setiap NIK atau Nomor KTP yang kita miliki hanya bisa mendaftarkan 3 nomor yang berbeda. Trus, seandainya kita memiliki banyak nomro yang harus didaftarkan bagaimana? Ya, harus menggunakan nomor NIK lainnya atau kita bisa melakukan UNREG nomor handphone yang sudah kita daftarkan tetapi tidak digunakan lagi. Syaratnya, kartu simcard tidak boleh hilang karena kita akan melakukan unreg kartunya. Untuk cara unreg kartu telkomsel, akan kita bahan pada artikel selanjutnya.

Demikian informasi tentang cara registrasi kartu Telkomsel yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang bingung bagaimana cara daftar kartu telkomsel yang kamu miliki. Apabila dirasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa share ke orang terdekat kamu yang masih bingung cara mendaftarkan kartu telkomsel yang mereka miliki.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Registrasi Kartu Telkomsel
Author Rating
51star1star1star1star1star

1 thought on “6 Cara Registrasi Kartu Telkomsel”

Leave a Comment