6 Cara Memperbanyak Asi Setelah Melahirkan

TrevorPowell.com –┬áBagi seorang wanita, menjadi ibu adalah kebahagiaan dan kebanggaan yang tiada duanya. Segala lelah dan pengorbanan rela mereka lakukan demi buah hatinya. Mulai dari merasakan susahnya mengandung, sakitnya melahirkan hingga lelahnya harus menyusui buah hatinya selama 2 tahun.

Namun hal ini bukanlah suatu beban bagi wanita, melainkan sesuatu yang membuat hidupnya menjadi sempurna. Sayangnya, tak semua ibu memilih untuk memberi buah hatinya asi eksklusif selama 2 tahun, bukan tanpa alasan namun banyak diantara mereka atau bahkan Anda yang mungkin mengalami masalah dengan asi.

Dimana asi tidak keluar atau keluar dengan jumlah yang begitu sedikit sehingga tak mampu memenuhi kebutuhan bayi. Nah bagi Anda yang mengalami masalah ini, tak perlu khawatir karena banyak cara memperbanyak asi setelah melahirkan.

6 Cara Memperbanyak Asi Setelah Melahirkan

Cara Memperbanyak ASI
Cara Memperbanyak ASI

Apa sajakah cara-cara tersebut? berikut adalah 6 caranya yang kami bahas lebih detail.

Memperbanyak Air Putih

Cara paling sederhana dan mudah yang bisa Anda lakukan agar asi melimpah yaitu dengan memperbanyak mengonsumsi air putih. Dimana air putih juga mampu membuat kualitas asi Anda meningkat berkali-kali lipat dan lebih lancar. Nah jika Anda bosan dengan air putih, cobalah selingi dengan jus sayur atau jus buah.

Sering Memberikan Asi

Mungkin banyak diantara Anda yang tak terpikiran dengan cara memperbanyak asi setelah melahirkan yang kedua ini, dimana ketika seorang ibu menyusui sering memberikan asi pada bayinya, maka akan semakin lancar pula asi yang diproduksi.

Saat ibu memberi asi 2-3 jam sekali pada buah hati, maka produksi asi pada payudara akan terus menerus dan stok susu akan selalu dalam porsi normal.

Baca juga : Cara Membuat Ketiak Putih

Pijat Payudara

Ketika asi tidak mau keluar sering kali payudara ibu menjadi kencang dan begitu sakit. Hal ini bisa saja disebabkan karena beberapa hal, seperti bayi yang tak mau menyedot asi atau lain sebagainya.

Nah untuk meminimalisir hal ini dan membuat asi menjadi lancar kembali, cobalah untuk melakukan pijatan pada payudara. Untuk teknik pemijatan nya sendiri Anda bisa belajar dari bidan atau dokter kandungan Anda sebelumnya.

Teknik Menyusui Benar

Siapa bilang menyusui tidak menggunakan teknik? Nyatanya, untuk mendapatkan asi yang melimpah, Anda harus mempraktikkan teknik menyusui yang benar. Buat posisi tubuh bayi dan ibu se nyaman mungkin, kemudian pastikan dagu dan mulut bayi menempel pada payudara ibu hingga menutup bagian areola. Posisi lengan bayi dan puting juga sebaiknya berada pada garis lurus sehingga bayi akan mengisap kuat namun pelan.

Baca juga : Cara Mengurangi Rambut Rontok

Mengonsumsi Makanan Penambah Asi

Cara memperbanyak asi setelah melahirkan berikutnya adalah dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang mampu menambah produksi asi. Nah beberapa jenis makanan yang mampu menambah produksi asi antara lain adalah daun katu, daun pepaya, dan masih banyak lainnya.

Anda bisa mengolah bahan makanan tersebut menjadi sayur berkuah agar lebih segar dan asi lebih lancar. Selain itu, Anda juga wajib mengonsumsi makanan bergizi lain agar asi yang dihasilkan bukan hanya banyak namun juga berkualitas.

Konsumsi Suplemen Penambah Asi

Apabila dengan mengonsumsi makanan penambah asi serta cara-cara memperbanyak asi setelah melahirkan di atas produksi asi Anda dirasa kurang, mungkin Anda bisa memaksimalkan nya dengan mengonsumsi suplemen penambah asi.

Namun pastikan jika Anda mendapat suplemen ini hanya dari dokter ataupun bidan andalan Anda.

Jadi jangan ada lagi alasan untuk tidak memberikan asi eksklusif pada buah hati selama 2 tahun. Karena 2 tahun pertama umur mereka akan menentukan kualitas pertumbuhan mereka ke depannya.

Leave a Comment